6 Cara Sederhana dan Mudah untuk Melihat Spesifikasi Laptop dan PC

6 Cara Sederhana dan Mudah untuk Melihat Spesifikasi Laptop dan PC

Spesifikasi Laptop dan PC

Tentunya jika Anda menggunakan laptop atau PC, Anda perlu mengetahui spesifikasi perangkat tersebut. Spesifikasi menjadi patokan bagi pemilik komputer sebelum menginstal program atau mengunduh aplikasi.

Anda pasti tidak ingin laptop menjadi lemot hanya karena hanya mendownload atau menginstal program, bukan? Selain itu, mereka yang ingin membeli laptop baru tentu ingin mencari spesifikasi yang lebih canggih dari laptop sebelumnya.

Spesifikasi biasanya berisi detail penting tentang laptop Anda. Misalnya nama komputer atau laptop, sistem operasi, model sistem, memori, dan prosesor. Anda juga bisa mengetahui fitur-fitur yang terpasang di laptop seperti kamera dan slot USB.

Nah, penasaran bagaimana cara melihat spesifikasi laptop atau PC tersebut? Simak jawabannya dari penjelasan di bawah ini!
1. Jalankan DxDiag (alat diagnostik DirectX).
Menjalankan DxDiag (alat diagnostik DirectX)
Pencarian DxDiag – Sumber gambar: instagram.com/hdk_fix_upgrade

Cara ini paling mudah dilakukan. ShopBacker cukup tekan kombinasi tombol Windows + R untuk menjalankan program. Masukkan kata “dxdiag” di kotak pencarian lalu tekan tombol OK. Dxdiag menampilkan informasi yang sangat lengkap, mulai dari sistem, input, suara hingga tampilan.
2. Akses ke informasi sistem
Akses ke informasi sistem
Layar LCD Laptop – Sumber gambar: pixabay.com

Sistem informasi dapat dibuka dengan terlebih dahulu mengakses menu start. Kemudian masukkan kata-kata “informasi sistem” atau “msinfo32” di kotak pencarian. Cukup tekan enter, oke!

Selanjutnya, informasi tentang ringkasan sistem, sumber daya perangkat keras, lingkungan perangkat lunak, dan komponen ditampilkan. Jika Anda malas mencari satu per satu, ada kotak pencarian di bawah kotak dialog. Anda hanya perlu memasukkan kata kunci dan sistem akan segera menemukan jawabannya.

Untuk menyimpan informasi yang diperoleh, Anda dapat mengklik menu File di pojok kiri atas. Kemudian klik opsi Ekspor dan opsi untuk menyimpan lokasi akan muncul. Setelah memilih lokasi, masukkan nama file dan klik Simpan.
3. Melalui menu pengaturan
Melalui menu pengaturan
Laptop dan iPhone di atas meja – Sumber gambar: pixabay.com

Cara melihat spek laptop selanjutnya adalah melalui menu Setting. Pertama, tekan tombol Mulai dan kemudian klik ikon roda gigi untuk membuka Pengaturan. Pada halaman beranda Pengaturan, klik menu Sistem. Kemudian pilih menu Tentang di bawah ini.

Menu Tentang menampilkan spesifikasi perangkat seperti nama perangkat, prosesor, RAM, jenis sistem, pena dan sentuhan, ID produk, dan ID perangkat. Selain itu, Anda juga bisa melihat Spesifikasi Windows mulai dari Edition, Install Date, Version hingga OS Build. Menu ini tidak selengkap DxDiag dan System Information, tetapi tetap menampilkan informasi umum yang berguna.
4. Jalankan Command Prompt
Jalankan Command Prompt
Tampilan Perintah Windows – Sumber gambar: commons.wikimedia.org

Command Prompt dapat dijalankan dari menu Start dan dicari di kotak pencarian. Setelah Anda menemukannya, klik kanan dan pilih opsi Run as administrator. Ketik perintah “systeminfo” di kotak CMD lalu tekan Enter.
5. Unduh perangkat lunak CPU-Z
Unduh perangkat lunak perangkat lunak CPU-Z
Proses Unduh – Sumber gambar: pixabay.com

ShopBackers tidak hanya dapat menggunakan fungsi asli Windows, tetapi juga perangkat lunak pihak ketiga. Namanya CPU-Z, sebuah freeware yang mengumpulkan informasi dari perangkat utama sistem. Misalnya motherboard dan chipset, nama dan nomor prosesor, nama kode, tingkat cache dan jenis memori.

Lalu bagaimana cara mendapatkan software ini? Anda dapat pergi ke situs resmi dan mengunduh file instalasi sesuai dengan spesifikasi laptop Anda. Anda dapat memilih antara bahasa Inggris dan Cina serta versi 32-bit atau 64-bit. Buka dan ekstrak file ZIP yang diunduh, lalu instal di komputer Anda.
6. Penggunaan Perangkat Lunak Speccy
Menggunakan perangkat lunak Speccy
Tampilan Perangkat Lunak Speccy – Sumber gambar: commons.wikimedia.org

Selain menggunakan CPU-Z, ada lagi software pengecekan spesifikasi yang bisa Anda gunakan. Speccy adalah salah satu software freemium yang dikembangkan oleh Piriform Ltd. Ukurannya sangat kecil dan cocok untuk versi Windows XP ke atas. Meskipun perangkat lunaknya ringan, Speccy memberikan informasi rinci untuk laptop Anda,

Sumber :